PEDOMAN AKADEMIK

Buku Pedoman Akademik IAIN Pontianak 2020

KATA PENGANTAR

Segala puji hanya milik Allah SWT yang memberikan nikmat sehat, iman dan Islam kepada kita, berkat karunia dan pertolongan-Nya, buku Pedoman Akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak ini dapat diselesaikan. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan untuk meraih kesuksesan dunia akhirat.

Buku Pedoman ini merupakan salah satu dokumen yang menjadi pegangan bagi sivitas akademika IAIN Pontianak dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan. Dokumen ini dikembangkan berlandaskan pada tiga sumber pokok, yaitu kebijakan dan ketentuan pemerintah, kebijakan dan ketentuan kelembagaan IAIN Pontianak, serta dinamika yang terjadi pada setiap unit kerja (akademik dan non akademik) di lingkungan IAIN Pontianak. Penyusunan Buku Pedoman Akademik ini mengacu pada peraturan yang tertuang dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, serta beberapa peraturan yang terkait.

Buku pedoman ini adalah edisi ke-4 setelah alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak menjadi IAIN Pontianak dengan diterbitkannya Peraturan Presiden RI Nomor 53 Tahun 2013 pada tanggal 30 Juli 2013. Penerbitan buku Pedoman Akademik Tahun 2020/2021 ini dilengkapi dengan narasi sejarah singkat fakultas, nama-nama prodi, kurikulum dan nama-nama tenaga pendidik pada semua program studi (prodi) yang ada di IAIN Pontianak. Pedoman akademik ini diharapkan dapat dijadikan acuan dan pedoman bagi mahasiswa khususnya dan sivitas akademika IAIN Pontianak pada umumnya dalam rangka melaksanakan tugas dan kewajiban dalam pembelajaran dan pelayanan administrasi di IAIN Pontianak. Di samping itu, Buku Pedoman Akademik ini diharapkan juga dapat mendukung upaya-upaya peningkatan dan pengembangan yang telah dicanangkan oleh IAIN Pontianak untuk menuju kampus sebagai tempat kajian Islam yang ulung dan terbuka dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman serta kebudayaan Borneo.

Akhirnya, kami mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan dan penerbitan Buku Pedoman Akademik IAIN Pontianak ini. Segala saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan demi perbaikan buku ini pada edisi yang akan datang. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan rida-Nya atas amal dan usaha kita. Aamiin.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Pontianak, September 2020
An. Rektor
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga

Dr. Firdaus Achmad, M.Hum
NIP. 196709301993031007

Profil IAIN Pontianak

Bagian ini menguraikan sekelumit Profil IAIN Pontianak dari mulai berdiri sampai saat ini.

Selengkapnya...

Sistem Pendidikan IAIN Pontianak

Bagian ini membahas tentang Sistem Pendidikan di lingkungan IAIN Pontianak.

Selengkapnya...

Profil FTIK IAIN Pontianak

Bagian ini kita akan berkenalan dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak.

Selengkapnya...

Profil FUAD IAIN Pontianak

Sesiapa yang ingin lebih dekat dan mengetahui lebih jauh mengenai Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pontianak.

Selengkapnya...

Profil FASYA IAIN Pontianak

Ini bukan PASHA yang merupakan Anak Band ternama di tanah air, tapi Fakultas Syariah IAIN Pontianak. Yuks simak profilnya berikut...

Selengkapnya

Profil FEBI IAIN Pontianak

Mau tau fakultas yang belakangan ini lagi "In" di lingkungan IAIN Pontianak. Cekidot yang berikut ini...

Selengkapnya...

Profil PASCASARJANA IAIN Pontianak

Markisa...
Mari kita baca Profil Program Pascasarjana IAIN Pontianak berikut.

Selengkapnya...