Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2020

KATA PENGANTAR

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Islam Negeri (UIN)/Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersamaan oleh UIN, IAIN dan STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 58 PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

TUJUAN

Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Madrasah / Sekolah / Pesantren Muadalah agar mendaftarkan siswanya melalui SPANPTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN / IAIN / STAIN. Mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah.

JADWAL

Pengisian PDSS 06 - 31 Januari 2020
Verifikasi PDSS 06 - 31 Januari 2020
Pendaftaran 03 - 28 Februari 2020
Proses Seleksi I. 02 - 13 Maret 2020
II. 16 - 20 Maret 2020
Pengumuman Hasil Seleksi 10 April 2020
Pendaftaran Ulang Yang Diterima Ditetapkan masing-masing PTKIN

ALUR PENDAFTARAN

Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah

* Kunjungi laman registrasi SPAN-PTKIN pada alamat: https://pdss.span-ptkin.ac.id;
* Sekolah yang belum memiliki NPSN harus mengirim surat permohonan dan SK Kepala Sekolah melalui email ke alamat info@span-ptkin.ac.id;
* Sekolah yang sudah memiliki NPSN mendaftarkan sekolah ke alamat: https://pdss.span-ptkin.ac.id;
* Kemudian masukkan data Sekolah;
* Validasi pendaftaran melalui email;
* Login Sekolah;
* Masukkan data siswa calon peserta SPAN-PTKIN;
* Mendapatkan login siswa (ID pendaftaran dan password untuk masing-masing siswa);
* Membagikan ID pendaftaran dan password kepada masing-masing siswa.

Siswa

* Kunjungi laman registrasi SPAN-PTKIN pada alamat: https://siswa.span-ptkin.ac.id;
* Masukkan Biodata Siswa;
* Pilih Program Studi;
* Finalisasi Data;
* Cetak Kartu Peserta;
* Cek Kelulusan.

PERSYARATAN SEKOLAH/SISWA

Persyaratan Madrasah/Sekolah

Siswa sekolah yang berhak mengikuti SPAN-PTKIN 2020 adalah siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah, termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan telah mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS)
dengan lengkap dan benar. Untuk Pesantren Muadalah diatur secara terpisah.

Persyaratan Siswa

1. Memiliki prestasi akademik unggul;
2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional;
3. Memperoleh rekomen dasi dari Kepala Madrasah/Sekolah/ Pesantren Muadalah;
4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN;
5. Peserta SPAN-PTKIN adalah lulusan UN 2020.

Biaya

Biaya pendaftaran SPAN-PTKIN ditanggung pemerintah, siswa pendaftar tidak dipungut biaya apapun.

Tahap Seleksi

* Pendaftar di seleksi di PTKIN pilihan 1 terlebih dahulu berdasar urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung;
* Pendaftar yang tidak lulus di PTKIN pilihan 1 maka akan diseleksi di PTKIN pilihan 2 berdasar urutan program studi dan ketersediaan daya tampung

SISTEM PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU)

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SIPENMARU) di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak: SPAN-PTKIN, UM-PTKIN & SPMB Mandiri

SPAN-PTKIN

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain.

UM-PTKIN

Lulus tahun 2018, 2019 dan 2020 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah.

Selengkapnya...

SPMB MANDIRI

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak adalah jalur seleksi mandiri atau jalur seleksi lokal yang dilaksanakan oleh Panitia SPMB IAIN Pontianak di bawah koordinasi Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro AUAK IAIN Pontianak.

Selengkapnya...

Video Informasi Pendaftaran SPAN PTKIN 2020

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here