Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri 2020

SPMB Mandiri 2020 (Seleksi Berbasis Rapor (SIBER))

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak adalah jalur seleksi mandiri atau jalur seleksi lokal yang dilaksanakan oleh Panitia SPMB IAIN Pontianak di bawah koordinasi Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Pontianak. Biaya pendaftaran SPMB IAIN Pontianak dibebankan kepada peserta seleksi, dan biaya penyelenggaraan dibebankan kepada DIPA IAIN Pontianak.

PROGRAM STUDI

FAKULTAS PROGRAM STUDI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) >>Pendidikan Agama Islam
>>Pendidikan Bahasa Arab
>>Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
>>Pendidikan Islam Anak Usia Dini
>>Tadris Matematika
>>Tadris Bahasa Inggris
FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN DAKWAH >>Komunikasi dan Penyiaran Islam
>>Bimbingan Konseling Islam
>>Manajemen Dakwah
>>Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
>>Studi Agama Agama
>>Psikologi Islam
FAKULTAS SYARIAH >>Hukum Ekonomi Syari'ah (Mu'amalah)
>>Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM >>Ekonomi Syariah
>>Perbankan Syariah
>>Manajemen Bisnis Syariah
>>Akuntansi Syariah

JADWAL SELEKSI

Pendaftaran Online 03 - 28 Agustus 2020
Penyerahan Berkas Data Dukung UKT 03 - 28 Agustus 2020
Pengumuman Kelulusan & Kelompok UKT Selasa, 15 September 2020
Pembayaran UKT & Daftar Ulang 15 - 18 September 2020

PENDAFTARAN

Pendaftaran dari tanggal 03 - 28 Agustus 2020
1. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara online di: http://sia.iainptk.ac.id/pmb.php sehingga mendapat Nomor Registrasi / Pendaftaran dan membuat password (password harap dicatat dan disimpan);
2. Kemudian melakukan pembayaran sebesar Rp150.000,- di seluruh Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri dengan menunjukkan Nomor Registrasi / Pendaftaran (pembayaran dapat melalui Mobile Banking, Internet Banking, ataupun ATM);
3. Calon mahasiswa melanjutkan pendaftaran online lagi di alamat yang sama: http://sia.iainptk.ac.id/pmb.php untuk upload foto dan cetak kartu peserta.

LINK

Panduan PENDAFTARAN: http://tiny.cc/panduandaftarSPMB
Panduan PEMBAYARAN: http://tiny.cc/panduanbayarSPMB

PENYERAHAN BERKAS

Penyerahan berkas dari tanggal 03 - 28 Agustus 2020
Download / Unduh Formulir UKT di http://tiny.cc/formulirUKT (ada 3 formulir) kemudian print dan tulis isian sesuai yang diminta serta lengkapi syarat lainnya di bawah ini.

1. Surat Keterangan Penghasilan dari Kelurahan / Kepala Desa mengenai penghasilan orang tua / wali bagi yang bekerja di sektor informal, seperti: petani, nelayan, buruh, pedagang, supir, wirausaha, dan lainnya; ATAU
2. Slip gaji orang tua (ayah dan ibu, atau wali) yang bekerja di sektor formal, seperti: PNS / TNI / Polri / BUMN / BUMD dan Karyawan Swasta;
3. Fotocopy Bukti Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) (JIKA ADA);
4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan KTP orang tua / wali yang masih berlaku;
5. Fotocopy Kartu Peserta SPMB Mandiri;
6. Fotocopy Ijazah (WAJIB untuk lulusan selain tahun 2020) ATAU Surat Keterangan Lulus bagi lulusan 2020 yang belum keluar Ijazah;
7. Fotocopy Rapor dari Semester 1 sampai Semester 6.

Dokumen tersebut disusun secara rapi dan berurutan kemudian dimasukkan ke dalam Amplop Cokelat dengan format sebagai berikut:

Ditujukan Kepada:

Identitas Pengirim:

Berkas yang telah tersusun di amplop tersebut dikirim melalui Jasa Pengiriman (JNE/JNT/TIKI/POS/DLL) tercatat paling lambat tanggal 28 Agustus 2020 (CAP POS).

ATAU

Calon mahasiswa dapat mengantarkan berkas secara langsung ke IAIN Pontianak dengan alamat: Gedung Biro AUAK Lt. I Jalan Letjend. Soeprapto No. 19 Pontianak.

PENGUMUMAN

Pengumuman Kelulusan dan UKT pada Selasa, 15 September 2020.

Calon mahasiswa melihat Pengumuman Kelulusan dan Kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) IAIN Pontianak Jalur SPMB Mandiri Tahun Akademik 2020 / 2021 yang akan diumumkan pada Selasa, 15 September 2020 melalui laman: https://akademik.iainptk.ac.id.

Untuk Kategori UKT-1 adalah beasiswa keringanan UKT dan Bidikmisi adalah Beasiswa PIP Kuliah. Kategori UKT tersebut akan diseleksi dengan syarat dan prosedur di waktu berikutnya (biasanya ketika sudah aktif kuliah, jadi pantau terus di website akademik ya...https://akademik.iainptk.ac.id.

DAFTAR ULANG

Pembayaran UKT dan Daftar Ulang mulai tanggal 15 - 18 September 2020.

Pembayaran UKT dan Daftar Ulang Jalur SPMB Mandiri IAIN Pontianak pada tanggal 15 - 18 September 2020. Informasi dan Tata Cara Daftar Ulang akan di-update pada laman: https://akademik.iainptk.ac.id di waktu berikutnya.

SISTEM PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU)

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SIPENMARU) di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak: SPAN-PTKIN, UM-PTKIN & SPMB Mandiri

SPAN-PTKIN

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain.

Selengkapnya

UM-PTKIN

Lulus tahun 2018, 2019 dan 2020 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah.

Selengkapnya...

SPMB MANDIRI

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak adalah jalur seleksi mandiri atau jalur seleksi lokal yang dilaksanakan oleh Panitia SPMB IAIN Pontianak di bawah koordinasi Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro AUAK IAIN Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here